Alasan Mengapa Ibu Hamil Diwajibkan Minum Susu Hamil

Ibu hamil wajib melengkapi nutiris untuk mendukung perkembangan janin dalam kandungannya. Salah satunya yakni susu yang menjadi sumber kalsium dan vitamin wajib menjadi asupan penting selama masa kehamilan. Ini dia  Alasan Mengapa Ibu Hamil Diwajibkan Minum Susu Hamil.

Alasan Mengapa Ibu Hamil Diwajibkan Minum Susu Hamil

Alasan Mengapa Ibu Hamil Diwajibkan Minum Susu Hamil | Ibu hamil sebaiknya jangan sepelekan minum susu selama kehamilan. Minum susu khusus untuk ibu hamil sama pentingnya dengan mengasup nutrisi gizi yang seimbang. Ternyata hampir 100 persen bumil pada trimester pertama tak cukup asupan vitamin D, salah satunya karena enggan minum susu hamil.

Bumil enggak mau minum susu. Kalsium hampir semuanya kurang atau defisit,” tegas Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) dalam Festival Ngidam SGM Bunda.

Damar mengungkapkan sebuah penelitian bumil di Jakarta. Sebanyak 5-10 persen mengalami anemia. Buml mengalami defisiensi zat besi, kalsium, dan hampir 100 persen bumil kurang vitamin D.

Baca Juga : Obat Herbal Pneumotorax | Obat Herbal Mata Berkabut

Vitamin D itu bukan hanya penting untuk pertumbuhan tulang, tetapi berpengaruh pada sistem imunitas seseorang dan saraf. Dan itu ada pada susu salah satunya,” kata Damar.

Jadi, kunci untuk memiliki anak yang cerdas dan aktif salah satunya dengan mencukupi kebutuhan vitamin D. Tentunya dengan rajim minum susu hamil selama kehamilan. Nutrisi pun harus cukup dan optimal. Kebutuhan gizi bunda terhadap protein, karbohidrat, vitamin harus seimbang.

Baca Juga : Obat Herbal Gonore Khusus Wanita

Dan itu bertambah tiap semester. Kebutuhan pasti berbeda terutama vitamin dan mineral,” katanya.

Damar menjelaskan susu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi. Vitamin D rendah pada ibu hamil karena kurangnya konsumsi susu. Hal itu beda dengan orang Eropa. Damar menegaskan kandungan setiap jenis susu juga tidak sama. Bumil harus mendapatkan tambahan vitamin, mineral, asam folat, dan zat besi yang terdapat pada susu hamil. Susu hamil hampir sama kandungannya seperti jika bumil mengonsumsi suplemen. Namun suplemen tentu tak ada faktor susunya.

Susu kental manis tak dianjurkan. Susu hamil yang dilengkapi zat besi, folat, kalsium baik untuk sistem saraf dan tulang,” katanya.

Baca Juga : Pekerjaan Rumah Tangga Yang Bahaya Bagi Ibu Hamil

Alasan Mengapa Ibu Hamil Diwajibkan Minum Susu Hamil