Diabetes Ternyata Bisa Ganggu Kesuburan Wanita

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami ketidaksuburan. Dan tahukah anda, Diabetes Ternyata Bisa Ganggu Kesuburan Wanita. Perempuan dengan diabetes rentan mengalami gangguan pematangan sel telur sehingga cenderung lebih susah punya anak. Mari simak selengkapnya dibawah ini.

Diabetes Ternyata Bisa Ganggu Kesuburan Wanita

Diabetes Ternyata Bisa Ganggu Kesuburan Wanita | Pada wanita, diabetes bisa mempengaruhi kesuburan jika gula darah tidak tertangani dengan baik. Umumnya wanita dengan diabetes mengalami menstruasi pertama atau menarche terlambat dibandingkan wanita lain yang tidak memiliki diabetes. Tidak hanya itu, wanita dengan diabetes pun rentan mengalami menopause dini. Gangguan tersebut tidak hanya dialami oleh pengidap diabetes, tetapi bahkan sejak tahap prediabetes. Pada tahap tersebut telah terjadi resistensi insulin, yaitu tidak bekerjanya hormon insulin sebagaimana mestinya karena reseptornya mengalami gangguan.

Hormon insulin tidak hanya untuk metabolisme gula, tapi juga mempengaruhi siklus hormonal di kelenjar gonad dalam menghasilkan hormon-hormon yang dibutuhkan oleh sistem reproduksi. Salah satunya adalah hormon estrogen, yang dikenal juga dengan julukan sebagai hormon seks perempuan. Itu sebabnya, gangguan pada kerja insulin juga akan berdampak pada sistem hormonal yang membuat sistem reproduksi terganggu. Pada kondisi prediabetes maupun diabetes, proses pematangan sel telur bisa terpengaruh oleh adanya gangguan rasio hormonal tersebut sehingga menjadi tidak subur.

Lantas, bagaimana menangani kondisi ini jika ingin hamil?

Jika Anda menderita diabetes dan berencana untuk hamil, hal yang terpenting untuk dilakukan adalah Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu secara mendalam dengan dokter yang menangani penyakit diabetes Anda dan dokter kandungan. Dengan melakukan perencanaan dan persiapan yang matang kesempatan untuk mendapatkan buah hati pun menjadi lebih tinggi, meskipun Anda mengidap diabetes.

Diabetes memang tidak bisa disembuhkan, namun bukan berarti kondisi ini tidak bisa dikontrol. Dokter mungkin tidak mengizinkan Anda untuk hamil jika kadar gula darah Anda tidak terkontrol. Itu sebabnya, Anda harus memastikan jika kadar gula Anda terkontrol dengan baik. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko dan meningkatkan kesempatan untuk hamil dengan aman serta menghasilkan bayi yang sehat. Caranya tentu dengan melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Perubahan gaya hidup memang pada dasarnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya ketika ingin mengontrol kadar gula darah saja. Jadi, jika sebelumnya Anda memiliki gaya hidup yang tidak sehat, mulai sekarang rubahlah gaya hidup Anda. Beberapa kegiatan sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai upaya penerapan gaya hidup sehat untuk mengontrol kadar gula darah, di antaranya:

  • Rutin mengecek gula darah
  • Menjaga berat badan
  • Olahraga teratur
  • Memperhatikan asupan makanan yang kaya nutrisi dan gizi
  • Mengontrol porsi makan
  • Tidak merokok
  • Menghindari stres

Pada dasarnya dengan menjadikan diabetes ‘teman baik’, maka ini juga akan memotivasi sekaligus memudahkan seseorang untuk mengendalikan kondisinya. Jadi, apapun bisa dilakukan oleh penyandang diabetes, asalkan teratur dan terukur.

Baca Juga : Obat Osteoarthritis Herbal

| Diabetes Ternyata Bisa Ganggu Kesuburan Wanita |