Faktor Penyebab Ketidaksuburan Pada Wanita

Masalah infertilitas atau ketidaksuburan terus meningkat di kalangan wanita. Lantas apa Faktor Penyebab Ketidaksuburan Pada Wanita? Untuk mengetahuinya, simak informasi dibawah ini.

Faktor Penyebab Ketidaksuburan Pada Wanita

Faktor Penyebab Ketidaksuburan Pada Wanita | Masalah ketidaksuburan atau infertilitas akan selalu menjadi persoalan yang seksi dalam perencanaan kehamilan pasangan suami dan istri. Infertilitas sendiri dapat disebabkan oleh bermacam-macam hal. Tiap pasangan yang memiliki problem infertilitas pun punya penyebab dan kasus yang berbeda-beda. Bahkan dari 25% pasangan infertil di dunia, sayangnya para dokter dan ahli belum bisa menentukan penyebabnya.

Anda, khususnya sang istri yang sedang dalam perjalanan menuju perencanaan kehamilan, mungkin bisa menghindarinya dengan membuat perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Sembari itu, anda tetap dapat memperdalam pengetahuan tentang apa saja penyebab umum ketidaksuburan pada wanita. Berikut kami uraikan khusus untuk anda mengenai beberapa penyebab ketidaksuburan pada wanita :

  • Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

Suatu kondisi yang menyebabkan kelebihan produksi hormon androgen, hormon yang membantu pengembangan karakter maskulin pada pria disebut dengan Polycystic Ovarian Syndrome.

Gangguan ovulasi, gangguan siklus menstruasi dan pengembangan karakteristik pria seperti suara menjadi lebih dalam dan kebotakan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormone ini. Obesitas dan resistensi insulin sering dikaitkan dengan gangguan ini.

  • Berhentinya Menstruasi Sebelum Waktunya

Kekurangan atau berhentinya menstruasi dan berkurangnya folikel ovarium sebelum mencapai usia 40 tahun disebut dengan menopause dini. Jika dimulai sebelum usia 40 tahun, menopause dianggap dini. Yang dapat memicu hal ini adalah penyakit kekebalan tubuh atau terapi radiasi.

  • Saluran Telur Yang Rusak

Kerusakan, penyumbatan atau jaringan parut yang menyebabkan peradangan pada saluran telur (tuba faloppi), sehingga pada gilirannya dapat menyebabkan ketidaksuburan.

Infeksi penyakit menular seksual, terutama klamidia adalah penyebab kerusakan tersebut. Penyakit radang panggul, atau operasi yang harus dilakukan pada kehamilan ektopik adalah masalah-masalah lain yang dapat menyebabkan penyumbatan tuba falopi.

  • Endometriosis

Suatu kondisi dimana jaringan rahim tumbuh di luar rahim dinamakan endometriosis. Indung telur, telur, tuba falopi, rahim, dan bahkan fungsi sperma akan dipengaruhi oleh kondisi ini.

Hubungan seks masih mungkin menyebabkan kehamilan dalam kasus endometriosis ringan. Untuk menghilangkan jaringan parut yang disebabkan oleh endometriosis ringan dapat dilakukan dengan operasi dengan sayatan kecil (laparoskopi).

  • Dalam Ovarium Terdapat Jaringan Parut

Kerusakan fisik pada ovarium adalah faktor lain yang mempengaruhi ketidaksuburan seorang wanita. Operasi untuk mengatasi gangguan seperti kista ovarium adalah penyebab dari kerusakan tersebut.

Kerusakan dan jaringan parut yang terbentuk pada titik di mana folikel ovarium tidak dapat matang dapat disebabkan oleh operasi yang luas atau invasif. Proses ovulasi tidak berjalan dengan baik adalah akibat dari kerusakan ini.

  • Pelvic Adhesions

Jaringan parut yang terbentuk setelah operasi panggul, usus buntu atau infeksi panggul dan dapat mengganggu kesuburan disebut dengan pelvic adhesions. Sel telur wanita sulit berpindah menuju rahim karena berubahnya struktur tuba faloppi yang disebabkan oleh pelvic adhesions

  • Hipertiroidisme dan Hipotiroidisme

Kondisi yang disebabkan oleh tiroid yang terlalu aktif disebut dengan hipertiroidisme. Sedangkan kondisi yang disebabkan oleh tiroid yang kurang aktif disebut dengan hipotiroidisme. Dan kedua kelainan ini dapat menyebabkan ketidaksuburan pada wanita.

  • Pengobatan Kanker

Salah satu hal yang dapat mengganggu fungsi sistem reproduksi pria ataupun wanita adalah terkena kanker dan menjalani radioterapi atau bentuk pengobatan kanker lainnya.

Dalam penelitian ditunjukkan bahwa salah satu efek samping radiasi pada pasien kanker wanita adalah penurunan kesuburan pada. Karena efek pengobatan kanker mungkin dapat mempengaruhi kesuburan wanita, maka wanita yang menjalani terapi radiasi ini harus membicarakan dengan dokternya.

  • Obat Dan Gangguan Kesehatan Tertentu

Ketidaksuburan pada wanita dapat terjadi karena obat-obatan tertentu. Seorang wanita mungkin dapat menjadi subur kembali dengan menghentikan konsumsi obat sepenuhnya, jika ditemukan bahwa ternyata penyebab ketidaksuburannya adalah obat.

Penyebab lain dari ketidaksuburan wanita adalah dengan memakai obat-obatan, minum alkohol, merokok, makanan yang tidak sehat, kelebihan berat badan atau terlalu kurus, penyakit menular seksual dan bahkan olahraga berlebihan.

  • Umur

Salah satu faktor umum yang menentukan ketidaksuburan wanita adalah umur. Wanita berusia di atas 40 tahun memiliki sejumlah kecil telur yang cenderung kurang sehat.

Pada wanita lansia, kemungkinan keguguran juga lebih tinggi. Pada wanita, usia juga dikaitkan dengan kemungkinan tinggi menderita gangguan kesehatan tertentu, beberapa di antaranya dapat menyebabkan ketidaksuburan.

  • Faktor lain

Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kesuburan adalah berat badan berlebih atau obesitas, infeksi menular seksual seperti chlamydia (dapat merusak tuba falopii), merokok, pajanan terhadap pestisida, serta stress. Gaya hidup serba cepat, kompetitif, dan penuh stres ikut menyebabkan infertilitas, yaitu sebesar 15-20 persen.

Itulah Faktor Penyebab Ketidaksuburan Pada Wanita. Setelah membaca faktor penyebab diatas, semoga anda dapat segera mengantisipasi masalah kesuburan anda. Bagi yang masih muda dan ingin memiliki momongan untuk pertama kalinya, pastikan anda membiasakan diri dengan gaya hidup sehat. Begitu pula yang usianya tak lagi muda dan masih mendambakan momongan.

Selain membiasakan untuk hidup sehat, anda juga bisa meningkatkan peluang hamil anda dengan produk kesuburan terbaik dari Green World yakni Ovary Nutrition Capsule yang merupakan obat herbal yang diformulasikan khusus untuk mengatasi sulit hamil, serta dapat mengatasi beberapa gangguan kesehatan penyebab sulit hamil seperti yang telah disebutkan diatas. Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi normor kontak yang tertera di sebelah kanan halaman ini.

Baca Juga :

Faktor Penyebab Ketidaksuburan Pada Wanita