Faktor Penyebab Sakit Kepala Setelah Melahirkan

Tidak sedikit perempuan yang baru melahirkan mengalami sakit kepala. Setidaknya, sebanyak lima persen ibu di dunia mengalami hal tersebut. Memang, sakit kepala merupakan keluhan paling umum. Namun, kondisi ini bisa terjadi berulang pada ibu yang baru melahirkan. Lalu apa Faktor Penyebab Sakit Kepala Setelah Melahirkan? Temukan jawabannya dibawah ini.

Faktor Penyebab Sakit Kepala Setelah Melahirkan

Faktor Penyebab Sakit Kepala Setelah Melahirkan | Gejala sakit kepala setelah melahirkan merupakan gejala yang cukup sering terjadi pada wanita. Kondisi ini bahkan diketahui dapat berlangsung dalam waktu 24 jam hingga enam minggu setelah wanita melahirkan. Dalam kondisi yang wajar, gejala sakit kepala yang dirasakan ibu setelah melahirkan tentu hanyalah gejala ringan.

Namun, sakit kepala yang dirasakan lebih dari 24 jam setelah proses persalinan dapat dicurigai sebagai kondisi yang tidak normal. Oleh karena itu, bila Anda rasa sakit kepala yang Anda rasakan sangat mengganggu, maka sebaiknya katakan hal tersebut pada dokter yang menangani Anda. Walatra Sehat Mata Softgel

Penyebab Sakit Kepala Usai Melahirkan :

  • Tubuh kekurangan cairan

Kondisi tubuh kekurangan cairan dapat disebabkan oleh keluarnya cairan melalui ASI, keringat, dan urine yang tidak seimbang dengan asupan cairan untuk tubuh. Hal tersebut menyebabkan kurangnya cairan atau dehidrasi pada tubuh sehingga mengakibatkan sakit kepala setelah melahirkan. Hal ini dapat terjadi karena kepekaan darah yang menyebabkan aliran darah keseluruh tubuh menjadi terhambat dan dapat menyebabkan sakit kepala. Oleh karena itu, sebaiknya tambahkan konsumsi cairan Anda setelah melahirkan untuk mengurangi gejala sakit kepala setelah melahirkan. Walatra Bersih Wanita

  • Kurang beristirahat

Pada dasarnya, wanita yang baru melahirkan memerlukan waktu tidur sekitar 7 sampai 8 jam. Jika waktu istirahat tidak terpenuhi, tekanan darah menjadi menurun sehingga peredaran darah menuju kepala akan terhambat. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala migrain. Oleh karena itu, Anda harus beristirahat yang cukup.

Bagaimana cara mengatasi sakit kepala setelah melahirkan?

Untuk menghilangkan rasa sakit kepala setelah melahirkan, Anda dapat mengandalkan obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen. Meskipun obat-obatan tersebut dapat Anda dapatkan dengan mudah di apotek terdekat tanpa resep, namun sebaiknya sebelum Anda mengonsumsi obat tersebut, diskusikan dahulu pada dokter yang menangani Anda.

Selain itu, Anda juga dapat dengan perlahan memperbaiki waktu tidur Anda yang terganggu sebelumnya. Memang pasti akan susah untuk mendapatkan pola tidur yang normal kembali karena sudah ada bayi Anda, tetapi Anda bisa meminta tolong pasangan Anda untuk bergantian menjaga buah hati.

Bila sakit kepala masih berlanjut atau frekuensinya semakin sering, maka segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga : Penyebab Ibu Hamil Sering Alami Mimpi Buruk

| Faktor Penyebab Sakit Kepala Setelah Melahirkan |