Gangguan Kesehatan Yang Mengintai Wanita Menopause

Menopause terjadi ketika sel telur tak aktif lagi dalam berproduksi. Menopause sendiri tak bisa dibilang remeh sebab dengan adanya menopause maka sistem hormonal wanita akan terganggu dan bukan tidak mungkin akan sanggup memunculkan beberapa penyakit atau gangguan Gangguan Kesehatan Yang Mengintai Wanita Menopause

Gangguan Kesehatan Yang Mengintai Wanita Menopause

Gangguan Kesehatan Yang Mengintai Wanita Menopause | Menstruasi merupakan salah satu siklus dalam kehidupan wanita. Setiap wanita pasti mengalami siklus tersebut. Namun menstruasi adakalanya akan terhenti memasuki usia 50 tahun. Perubahan ini seringkali disebut dengan istilah menopause. Kondisi menopause pada dasarnya akan menyebabkan terjadinya perubahan terhadap hormon wanita seperti hormon estrogen. Hal inilah yang menyebabkan seorang wanita tidak lagi produktif atau tidak subur

Selain hilangnya kesuburan, wanita menopause juga seringkali dihadapkan dengan berbagai masalah kesehatan. Tidak mengherankan jika memasuki masa menopause, banyak wanita yang mengeluhkan gangguan kesehatan. Lalu apa saja jenis gangguan kesehatan yang seringkali melanda wanita ketika memasuki masa menopause? Berikut diantaranya :

  • Osteoporosis, penyakit yang paling sering menyerang wanita menopause

Wanita memiliki peluang yang lebih besar untuk mengalami osteoporosis dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh perubahan hormon wanita yang terjadi saat mengalami menopause. Hormon estrogen – hormon reproduksi wanita – berperan dalam pembentukan sel-sel tulang baru (osteoblas) dan membantu untuk memadatkan tulang. Tanpa estrogen, maka tulang Anda akan menjadi lebih rapuh dan keropos, sehingga mudah untuk mengalami patah tulang.

Bagian tulang yang rentan dengan osteoporosis adalah tulang panggul dan tulang belakang. Untuk mengurangi risiko osteoporosis, sebaiknya melakukan olahraga yang rutin serta makan makanan yang tinggi kalsium serta vitamin D.

  • Wanita menopause berisiko mengalami penyakit hati

Gangguan fungsi hati yang mengintai wanita menopause dapat terjadi akibat perubahan hormon reproduksi. Ya, memang hampir semua masalah yang datang pada wanita menopause diakibatkan oleh hormon yang tidak stabil dan masalah ini masih diakibatkan karena jumlah hormon estrogen yang berubah.

Dalam keadaan normal, hati bertugas untuk mencegah tubuh keracunan, sehingga semua racun dan zat-zat yang tidak diperlukan akan dikeluarkan dari darah. Sementara, hormon estrogen berperan penting dalam semua proses tersebut. Jadi ketika jumlah hormon tersebut menurun, fungsi hati akan terganggu.

  • Berat badan naik cukup banyak saat menopause

Anda jangan kaget melihat angka timbangan berat badan ketika melewati masa-masa menopause, karena perubahan berat badan adalah hal yang umum terjadi. Kali ini, yang menjadi penyebabnya adalah metabolisme yang lambat pada wanita menopause. Selain itu, massa otot akan mulai berkurang secara perlahan – walaupun memang semua orang yang menua akan mengalami hal yang sama. Pengurangan massa otot membuat metabolisme semakin melambat.

Oleh karena itu, wanita menopause harus menerapkan pola hidup sehat serta memilih makanan dengan prinsip gizi seimbang untuk menjaga berat badannya.

  • Penyakit jantung dan pembuluh darah juga mengintai wanita menopause

Wanita menopause memiliki risiko untuk mengalami berbagai penyakit jantung lebih tinggi dari pada laki-laki. Penurunan hormon estrogen mempengaruhi kecepatan detak jantung wanita yang sudah menopause. Jadi, detak jantungnya menjadi tidak teratur dan hal ini bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, dan sebagainya.

  • Intenkontinesia urin, tidak mampu menahan kencing

Seiring dengan bertambahnya usia, otot-otot tubuh Anda tidak lagi sekuat ketika Anda masih muda. Salah satu otot yang melemah adalah di bagian vagina dan kandung kemih, sehingga membuat Anda tidak mampu menahan kencing dalam waktu yang lama, atau tiba-tiba keluar urin saat batuk dan tertawa, dan bisa juga saat kencing yang tidak disengaja ketika mengangkat barang yang berat. Namun tenang, kondisi ini dapat Anda cegah dengan melakukan senam kegel agar otot-otot panggul dan vagina kembali kuat.

  • Pelvic organ prolapse, otot panggul yang melemah

Masih terkait dengan penurunan kemampuan otot yang terjadi pada wanita menopause, pelvic organ prolapse dapat muncul akibat otot dan ligamen yang menyokong organ-organ di sekitar panggul melemah. Kondisi ini mengakibatkan organ-organ mencuat keluar dari posisi rahim dan membuat rahim, kandung kemih, serta dubur menurun dari posisi awalnya.

  • Mata menjadi lebih sering kering akibat menopause

Tidak hanya hormon estrogen saja yang menjadi penyebab utama dari semua kondisi medis yang menyerang wanita menopause. Tetapi hormon testosteron – ya, wanita memiliki hormon ini walaupun dalam jumlah sedikit – yang mengalami penurunan dapat membuat mata Anda menjadi lebih sering kering. Hormon testoteron ini berperan dalam mengatur kelenjar meibom yang berfungsi untuk menghasilkan cairan di mata dan mencegahnya kering.

Itu dia sederet Gangguan Kesehatan Yang Mengintai Wanita Menopause. Menopause memang tidak bisa dihindari oleh wanita. Namun dampak buruknya bisa diminimalisir dengan selalu menjalankan pola hidup sehat agar tubuh pun jadi sehat baik secara fisik maupun mental.

Baca Juga : Kondisi Yang Akan Dirasakan Wanita Saat Memasuki Masa Subur Kenali Plasenta Akreta, Saat Plasenta Tak Mau Lepas Dari Rahim

| Gangguan Kesehatan Yang Mengintai Wanita Menopause