Hentikan Kebiasaan Yang Memicu Kanker Serviks Berikut Ini

Tahukan anda, ada banyak kelalaian dan gaya hidup yang dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks pada diri seseorang. Untuk itu Hentikan Kebiasaan Yang Memicu Kanker Serviks Berikut Ini

Hentikan Kebiasaan Yang Memicu Kanker Serviks Berikut Ini

Hentikan Kebiasaan Yang Memicu Kanker Serviks Berikut Ini | Saat ini semakin banyak perempuan yang khawatir dengan risiko kanker serviks, kanker pembunuh yang mematikan. Apalagi pascameninggalnya artis Julia Perez atau Jupe, membuat seseorang mulai menyadari bahayanya yang fatal. Karena itu, penting bagi siapapun untuk memperbanyak informasi seputar kanker serviks.

Dalam keterangan tertulis hellosehat.com, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seorang perempuan terkena kanker serviks. Di antaranya adalah faktor risiko kanker serviks dari gaya hidup dan dari faktor genetik. Berikut pemaparannya:

  • Tidak menjaga kebersihan pakaian dalam

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada leher rahim yaitu antara vagina dan rahim. Untuk itu, penting bagi seorang wanita menjaga kebersihan pakaian dalamnya. Selain pakaian dalam, Anda juga harus sering mengganti pembalut saat sedang menstruasi. Jangan sampai ada tumpukan bakteri di sekitar vagina Anda.

  • Seks

Selama ini mungkin Anda hanya sering mendengar bahwa seks bebas dapat menyebabkan penyakit AIDS. Padahal seks bebas juga bisa menjadi penyebab utama penyakit kanker serviks. Selain itu seks pada usia dini juga bisa menyebabkan kanker serviks. Untuk itu bagi Anda yang sudah aktif secara seksual, sebaiknya rutin melakukan papsmear.

  • Merokok

Merokok memang bukan penyebab utama kanker serviks. Tetapi merokok akan membuat tubuh lebih sulit melawan virus HPV. Zat yang bersifat karsinogenik pada rokok, juga membuat aktivitas virus HPV meningkat. Wanita yang merokok dan sering menghirup asap rokok, memiliki risiko terkena kanker serviks tiga kali lebih besar daripada yang tidak.

Baca Juga : Smartphone Bikin Susah Hamil, Benarkah

  • Mengonsumsi makanan cepat saji

Makanan cepat saji juga diketahui mengandung zat karsinogenik, yang dapat menyebabkan kanker. Mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri tentunya menjadi cara yang lebih baik dalam menjaga kualitas makanan.

  • Stres

Gangguan psikologis yang satu ini diketahui dapat menyebabkan banyak penyakit, termasuk kanker serviks. Penyebabnya adalah stres dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga sulit untuk melawan virus HPV. Jadi berusahalah untuk membuat hati Anda tetap senang dan terbebas dari stres.

  • Penggunaan Pil KB

Perempuan yang pernah menggunakan obat kontrasepsi oral seperti pil KB selama lebih dari lima tahun mengalami peningkatan risiko untuk terpapar kanker serviks, tetapi risiko ini kembali normal dalam beberapa tahun setelah berhenti menggunakan pil.

  • Diet

Orang-orang yang dietnya tidak mencakup buah-buahan dan sayuran akan lebih berisiko untuk kanker serviks.

Baca Juga : Kondisi Penyebab Jamur Hingga Di Are Vagina

Hentikan Kebiasaan Yang Memicu Kanker Serviks Berikut Ini