Jangan Menyusui Si Kecil Sambil Main Gadget, Ini Bahayanya

Saat ini banyak orang yang selalu bergantung dengan gadget mereke. Fenomena ketergantungan handphone ini ternyata juga dialami dikalangan ibu menyusui. Banyak ibu yang menyusui bayinya sambil main handphone. Padahal itu tidak disarankan. Ibu, Jangan Menyusui Si Kecil Sambil Main Gadget, Ini Bahayanya.

Jangan Menyusui Si Kecil Sambil Main Gadget, Ini Bahayanya

Jangan Menyusui Si Kecil Sambil Main Gadget, Ini Bahayanya | Setiap orang tua tentu ingin selalu memberikan yang terbaik bagi sang buah hati. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk hal itu adalah menyusui secara eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan hingga usia dua tahun, dengan didampingi makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, belakangan ini, semakin banyak ibu yang menyusui bayinya sambil memainkai gawai. Fenomena ini disebut dengan brexting.

Brexting merupakan gabungan dari dua istilah, yaitu breastfeeding dan texting. Sebagaimana namanya, brexting adalah fenomena dimana ibu asyik bermain dengan ponselnya selama memberikan ASI pada bayi.

Otomatis, kebiasaan mengecek atau menggunakan gawai saat menyusui bayi akan membuat perhatian dan fokus ibu mudah terdistraksi. Selain itu, kebiasaan yang sedang jadi tren ersebut pun telah menjadi perhatian para pakar pengasuhan anak dan dokter. (Obat Untuk Menghentikan Sering Buang Air Kecil)

Para dokter memperingatkan bahwa kebiasaan brexting dapat mengganggu proses keterikatan antara ibu dan bayi yang terjalin saat menyusui. Keterikatan ibu dengan anak selama masa awal kehidupan amat penting, sehingga bila keterikatan ini terinterupsi, maka anak kemungkinan akan mengalami masalah kecemasan di masa mendatang.

Ibu dapat kehilangan petunjuk bahwa bayi sudah merasa kenyang, masih lapar, tidak nyaman, atau kesulitan mencerna,” ujar psikolog Kateyune Kaeni dalam wawancara dengan stasiun radio Southern California Public Radio.

Namun, ada pandangan bahwa kebiasaan ini sebenarnya tidak terlalu membahayakan. Sebab, para ibu dikenal sebagai sosok yang mampu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu atau multitasking. Lalu, bagaimana menurut Anda, apakah kebiasaan brexting ini aman untuk dilakukan?

Baca Juga : Manfaat Luar Biasa Olahraga Saat Haid

| Jangan Menyusui Si Kecil Sambil Main Gadget, Ini Bahayanya |