Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Test Pack

Salah satu cara mengetahui apakah anda benar-benar hamil yakni dengan melakukan pemeriksaan sederhana dengan menggunakan test pack. Namun terkadang tanpa disadari kita sering melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat hasil testnya kurang akurat. Inilah Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Test Pack.

Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Test Pack

Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Test Pack | Tanda-tanda kehamilan yang ditujukan oleh tubuh sebenarnya tidak cukup dijadikan dasar bahwa anda telah resmi hamil. Dibutuhkan sebuah alat kesehatan untuk mengetahui secara pasti apakah anda benar-benar hamil ataukah itu gejala kehamilan yang semu saja.

Mungkin anda merasa ribet bila harus melakukan pengecekan kehamilan melalui serangkaian tes kehamilan, maka menggunakan alat test pack adalah salah satu cara mudah dan praktis untuk mengetahui apakah anda benar-benar hamil atau tidak.

Saat ini sudah banyak sekali ragam jenis alat uji kehamilan. Mendapatkan test pack juga sangat mudah sekali, di toko, di apotik juga tersedia alat-alat tersebut. Meskipun menggunakan alat ini terbilang mudah, terkadang ada sebagian wanita yang keliru membaca hasil yang ditunjukan oleh alat ini.

Nah untuk membantu anda agar lebih baik dalam menggunakan test pack untuk uji kehamilan. Maka mari kita simak terlebih dahulu apa saja kesalahan yang umumnya sering dilakukan saat menggunakan test pack, seperti berikut ini :

  • Terlalu cepat melakukan tes

Melakukan tes kehamilan dengan test pack bukanlah hal sembarangan, tidak sesederhana yang Anda kira. Salah-salah justru akan membuat hasil tes kehamilan Anda menjadi tidak tepat. Test pack akan menunjukkan hasil positif bila hormon hCG dalam urin wanita mencapai tingkat tertentu.

Masalahnya, tidak semua wanita yang sudah hamil akan memiliki tingkat yang sama dari hCG dalam urin mereka. Oleh karena itu, wanita harus menunggu sampai waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan di rumah agar kadar hCG dalam urin wanita hamil sudah bisa terbaca oleh test pack.

Sekarang ini memang sudah banyak alat test pack yang lebih sensitif dalam mendeteksi kehadiran hCG dalam urin. Beberapa alat yang sensitif sudah dapat mendeteksi hCG empat hari sebelum Anda menstruasi atau tujuh hari setelah telur dibuahi oleh sperma (konsepsi). Jadi, jika Anda mengambil tes lebih cepat dari waktu ini, mungkin hasil test pack akan keliru.

Namun, jika Anda yakin Anda sedang hamil tapi tes menunjukkan hasil negatif, Anda bisa mengambil tes lagi di lain waktu. Oleh karena itu, sebelum memakai test pack sebaiknya tunggu beberapa hari sampai hormon hCG sudah berkumpul dalam urin agar dapat terbaca, baca petunjuk penggunaan, dan gunakan alat sesuai petunjuk. Test pack memiliki keakuratan hasil yang cukup tinggi.

  • Terlalu cepat dalam membaca hasil tes

Karena sangat penasaran akan kehamilan, banyak wanita terburu-buru saat menggunakan test pack. Padahal, di dalam petunjuk penggunaan biasanya tercantum harus menunggu berapa lama sampai hasilnya benar-benar keluar. Ini merupakan sebuah alat yang perlu waktu beberapa saat untuk bekerja. Jadi, tunggulah sebentar sebelum berkesimpulan bagaimana hasil tes Anda.

Saat urin sedang berjalan dalam test pack, jendela indikator mungkin akan menunjukkan dua garis sama atau tanda plus. Namun, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan karena ini mungkin hanya tanda bahwa alat ini sedang bekerja. Anda harus menunggu sampai batas waktu kapan harus membacanya, biasanya dua sampai lima menit tapi tiap produk bisa berbeda. Bacalah petunjuk pemakaian yang tercantum dalam tiap produk. (Obat Herbal Penambah Daya Ingat)

  • Menunggu terlalu lama dalam membaca hasil tes

Terlalu cepat membaca tes bisa menunjukkan hasil yang salah, begitu juga jika Anda terlalu lama membaca hasil tes. Mungkin karena bosan menunggu hasilnya keluar, banyak wanita yang meninggalkan test pack untuk beberapa saat setelah memakainya. Kemudian kembali lagi untuk memeriksa hasilnya tanpa mengetahui sudah berapa lama waktu yang ia tinggalkan. Padahal, terlalu lama dalam menunggu hasil tes juga bisa membuat hasil tes menjadi salah.

Biasanya hasil tes akan muncul dua sampai lima menit. Setelah waktu ini lewat, tes tetap akan bekerja dan mungkin dapat mengubah hasil yang benar. Test pack mungkin bisa menunjukkan hasil dua garis positif samar, namun sebenarnya tidak ada hCG yang terdeteksi dalam urin Anda. Jika sudah lewat dari waktu yang seharusnya untuk membaca hasil, sebaiknya jangan gunakan lagi alat tersebut. Anda bisa melakukan tes lagi dengan alat yang baru.

Lagi-lagi, saat melakukan tes sebaiknya baca terlebih dahulu petunjuk pemakaian. Tunggu hasil tes sesuai dengan petunjuk, baru Anda simpulkan hasilnya. Jika perlu, gunakan alat untuk mengukur waktu kapan Anda harus membaca hasil tes, dengan menggunakan stopwatch misalnya.

  • Anda tidak memeriksakan lebih lanjut mengenai kehamilan Anda, terutama jika hasil tes negatif

Jika test pack menunjukkan hasil negatif, tapi Anda belum mulai menstruasi lagi seminggu kemudian dan Anda mencurigai bahwa Anda sedang hamil, Anda mungkin perlu untuk melakukan tes ulang. Bisa saja sebenarnya Anda memang hamil, tetapi test pack menunjukkan hasil yang negatif karena hormon hCG dalam urin Anda belum bisa terbaca oleh alat.

Oleh karena itu, Anda mungkin perlu untuk melakukan tes berkali-kali untuk memastikan hasil tes Anda sudah benar atau belum. Banyak wanita yang mendapatkan hasil negatif pada tes pertama, kemudian mendapatkan hasil positif pada tes kedua dan ketiga.

  • Tidak melakukan tes di pagi hari

Waktu dalam menggunakan test pack juga harus Anda perhatikan. Konsentrasi urin Anda ternyata memengaruhi hasil tes, sedangkan konsentrasi urin bisa berbeda-beda dalam sehari. Sebaiknya lakukan tes kehamilan dengan test pack pada pagi hari saat Anda buang air kecil pertama kali. Karena urin di pagi hari adalah urin yang memiliki konsentrasi paling pekat dan mengandung hCG lebih tinggi daripada waktu lainnya.

Konsentrasi urin Anda dapat berubah sepanjang hari karena apa yang Anda makan dapat memengaruhi konsentrasi urin. Melakukan tes pada saat konsentrasi urin Anda sedang encer (terlalu cair) dapat membuat hormon hCG, yang sebenarnya terdapat dalam urin, lebih sulit untuk terbaca. Akhirnya, Anda mendapatkan hasil yang bias atau salah.

Baca Juga : Bahaya Tidur Menggunakan Bantal Pada Bayi Baru Lahir

Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Test Pack