Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Celana Dalam

Celana dalam berfungsi sebagai pelindung organ intim. Agar kesehatan organ intim tetap terjaga, anda perlu menghindari beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Celana Dalam yang akan kami uraikan dibawah ini.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Celana Dalam

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Celana Dalam | Kebanyakan wanita sering membicarakan mengenai ukuran atau jenis bra yang pas digunakan agar payudaranya tetap sehat dan nyaman digunakan sehari-hari. Namun masih jarang yang membicarakan soal celana dalam yang pas untuk dikenakan.

Untuk lebih pduli terhadap persoalan celana dalam, ada baiknya anda mengenai kesalahan-kesalahan kecil yang kerap dilakukan wanita tanpa disadarinya. Karena terlihat sepele, maka banyak yang tak memperdulikannya dan terus berulang. Hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan organ intim wanita.

KESALAHAN SAAT MEMAKAI CELANA DALAM :

  • Memakai tanpa mencucinya

Meskipun tampak bersih, memakai pakaian dalam tanpa mencucinya terlebih dahulu tetap tidak dianjurkan. Terlebih jika Anda sudah menggunakannya beberapa kali, Anda tetap dianjurkan untuk selalu mencuci pakaian dalam setiap selesai digunakan.

Menurut Philip Tierno, PhD dari New York University, rata-rata pakaian dalam yang kotor mengandung antara sepersepuluh hingga satu gram kotoran. Maka pencucian pakaian dalam pun menjadi hal yang penting dilakukan.

  • Membeli yang terlalu ketat

Saat membeli pakaian dalam, usahakan untuk memilih yang ukurannya sesuai dan tidak terlalu ketat. Pakaian dalam ketat dapat membuat keringat menjadi menumpuk dan mengakibatkan area organ intim menjadi rentan berkuman.

Pilihlah pakaian dalam yang ukurannya agak longgar, dengan begitu sirkulasi udara area organ intim bisa menjadi lebih lancar. Lembap dan keringat menumpuk pun bisa dihindari.

  • Keliru memilih bahan pakaian dalam

Salah satu hal penting lain yang perlu dilakukan saat memilih pakaian dalam adalah perhatikan bahannya. Pilihlah bahan katun yang bisa dengan sempurna menyerap keringat. Ini adalah salah satu cara supaya area organ intim tidak menjadi lembap.

Hindari memilih bahan yang tidak menyerap keringat seperti spandex. Penumpukan keringat dan bakteri di area organ intim dapat memicu infeksi dan bau tak sedap.

  • Malas ganti saat berkeringat

Biasanya orang akan mengganti pakaian dalam setelah mandi, namun Anda dianjurkan juga untuk melakukannya saat sedang banyak berkeringat.

Kondisi organ intim yang panas, berkeringat dan lembap adalah tempat favorit bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh. Maka segera ganti pakaian dalam ketika sedang banyak berkeringat,” ungkap pakar kesehatan Donnica Moore, MD.

Hal ini juga berlaku apabila Anda memiliki masalah inkontinensia urine, di mana tanpa disadari urine keluar meski hanya setetes. Menurut Moore, tetesan urine ini juga bisa menjadi sarang bakteri apabila Anda tidak segera mengganti pakaian dalam.

  • Keliru memilih sabun cuci

Pakaian dalam merupakan salah satu benda yang perlu diperhatikan proses pencuciannya. Anda pun perlu memilih sabun deterjen yang sesuai. Sebab pada dasarnya organ intim merupakan area yang sensitif.

Moore menjelaskan, kekeliruan saat memilih deterjen, misalnya memilih yang mengandung pewangi atau berbahan keras, dapat membuat iritasi pada kulit organ intim.

“Banyak deterjen yang memiliki konsentrasi parfum sangat tinggi di dalamnya,” imbuh Moore

  • Menggunakan celana dalam saat tidur

Memakai celana dalam saat tidur memang hal biasa. Sayangnya, kebiasaan tersebut dapat meningkatkan kelembapan kulit. Hal ini memungkinkan banyak bakteri dan jamur yang hidup di area sekitar organ intim.

  • Memakai thong

Celana dalam jenis ini memang sangat tepat bila dipasangkan dengan celana untuk yoga. Namun thong dapat menyebabkan perpindahan bakteri dari area dubur ke vagina lantaran thong mudah bergeser karena minim kain.

Agar kesehatan organ intim Anda tetap terjaga, pastikan Anda menghindari kesalahan-kesalahan di atas. Demikian informasi mengenai Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Celana Dalam, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Gangguan Kesehatan Yang Mengintai Wanita Menopause Kondisi Yang Akan Dirasakan Wanita Saat Memasuki Masa Subur

| Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memakai Celana Dalam |