Kondisi Yang Bikin Jamur Betah Hinggap Di Area Vagina

Jamur bisa tumbuh secara alami di seluruh tubuh, terutama jika lembab dan gelap seperti di vagina. Simak informasi berikut ini mengenai Kondisi Yang Bikin Jamur Betah Hinggap Di Area Vagina

Kondisi Yang Bikin Jamur Betah Hinggap Di Area Vagina

Kondisi Yang Bikin Jamur Betah Hinggap Di Area Vagina | Infeksi jamur pada area intim Miss V sangat mudah terjadi dalam kondisi yang lembab. Namun bagaimana jika itu terjadi berulang setiap saat? Tentu sangat mengganggu. Infeksi jamur bisa disebabkan berbagai hal.

Dilansir dari Boldsky, sekitar 75 persen perempuan sedikitnya mengalami satu kali infeksi jamur pada area Miss V sepanjang hidupnya. Dan sebanyak 40-45 persen mengalami dua kali infeksi. Sekitar 5 persen bahkan mengalaminya berulang kali. Situasi ini tentu membuat kaum.hawa tak nyaman.

Infeksi jamur bisa ditandai dengan rasa gatal, luka, perih, kering, hingga nyeri saat bercinta. Ada berbagai alasan yang menyebabkan infeksi Miss V berulang. Berikut uraiian lenkapnya :

  • Kadar estrogen rendah

Estrogen memberi makan bakteri acidophilus sehingga jamur tidak mudah muncul, tapi jika kadar estrogen rendah maka jamur akan mudah tumbuh. Karena itu menjelang haid kadang orang bisa terkena infeksi jamur akibat menurunnya kadar estrogen.

Jika memang mengalami infeksi jamur yang hormonal, maka seminggu sebelum haid Rebecca Booth, MD, ginekologis di Louisville, Kentucky, menyarankan untuk konsumsi probiotik, menghindari makanan manis serta makan yoghurt tawar.

  • Makan terlalu banyak gula

Booth menuturkan dimana ada gula maka disitu ada jamur. Lonjakan kadar gula darah menunjukkan banyak glukosa di dalam sistem tubuh yang seperti mengundang jamur, karena jamur menyukai glikogen (cadangan glukosa).

  • Menggunakan pantyliners

Jika menggunakan pantyliners agar celana dalam bersih, maka pemikiran yang salah karena pantyliners menyebabkan iritasi ringan yang dapat menurunkan kekebalan kulit dan jamur sangat menyukai lingkungan yang lembab atau udara sedikit. Hal ini karena serat sintetis dari pantyliners menghalangi aliran udara yang membuat jamur nyaman untuk berkembang biak.

  • Memiliki eksim vagina

Eksim memicu ruam yang bisa muncul pada jaringan vulva dan vagina. Kondisi ini menyebabkan peradangan kronis dan iritasi sehingga beberapa orang mengembangkan infeksi jamur. Untuk itu perlu mengobati eksim vagina dan membersihkan jamur.

  • Menggunakan kondom spermisida

Bahan aktif yang terkandung di dalam spermisida bisa mengganggu kekebalan vagina dan memungkinkan bagi jamur untuk mengambil keuntungan. Jika menduga spermisida sebagai penyebabnya, maka pilihlah kondom yang bebas spermisida.

  • Celana Dalam Ketat

Celana dalam ketat dapat menyebabkan keringat berlebih dan menyebabkan bakteri berkumpul. Celana dalam dari bahan katun dan tak terlalu ketat akan lebih nyaman bagi Miss V.

  • Sistem Imun Lemah

Daya tahan atau sistem imun yang lemah membuat daya tahan tubuh terhadap infeksi sulit dicapai. Maka dari itu akan lebih baik menjaga daya imun tubuh dengan pola hidup sehat.

  • Salah Penanganan

Banyak perempuan mengaplikasikan pembersih atau obat-obatan tertentu saat menderita infeksi pada Miss V mereka. Padahal pengobatan itu belum tentu tepat dilakukan.

  • Kebiasaan Makan

Kebiasaan makan yang tak sehat seperti terlalu banyak makanan tinggi gula dapat merangsang pertumbuhan jamur di area Miss V lebih tinggi.

  • Stres atau Kurang Tidur

Stres kronis dan kurang tidur dapat meningkatkan bakteri muncul pada area Miss V. Maka dari itu terapkan tidur yang cukup dan kelola stres demi Miss V.

Baca Juga : Smartphone Bisa Bikin Wanita Sulit Hamil ?? Akibat Penggunaan Dounching Vagina

Kondisi Yang Bikin Jamur Betah Hinggap Di Area Vagina