Makanan Mentah Yang Wajib Dihindari Wanita Saat Hamil

Ibu hamil perlu cermat dalam mempersiapkan makanan, sebab sebagian jenis makanan mungkin tak aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satunya adalah makanan mentah. Inilah Makanan Mentah Yang Wajib Dihindari Wanita Saat Hamil.

Makanan Mentah Yang Wajib Dihindari Wanita Saat Hamil

Makanan Mentah Yang Wajib Dihindari Wanita Saat Hamil | Ibu hamil tidak disarankan makan makanan mentah karena berisiko mengandung bakteri salmonela dan parasit toksoplasmosis yang berakibat buruk bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Bakteri salmonela dapat memicu tifus dan keracunan makanan yang dapat memicu keguguran.

Sedangkan infeksi toksoplasmosis dapat mengancam pertumbuhan janian seperti cacat bawaan lahir, kerusakan pada otak atau mata sehingga menyebabkan keguguran. Bahaya lain yang disebabkan dari mengonsumsi makan makanan mentah adalah listeriosis yang juga berbahaya bagi perkembangan janin. Untuk itu ibu hamil disarankan makan makanan yang matang. Dan berikut sederet makanan mentah yang harus dihindari ibu hamil :

  • Telur

Apakah Anda pernah mendengar nasihat dari orang tua jika mendekati hari persalinan Anda akan disarankan mengonsumsi telur mentah? Hal ini dipercaya untuk memperkuat kondisi tubuh. Faktanya di dalam ilmu kesehatan, telur mentah dan telur setengah matang adalah salah satu makanan mentah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Kenapa telur mentah dilarang? Karena dapat membawa risiko terjangkitnya bakteri salmonela yang terdapat pada telur mentah dan telur setengah matang.

  • Daging

Daging yang kurang matang apalagi mentah juga harus dihindari oleh ibu hamil. Sebab, daging yang tidak baik proses pengolahannya dapat membawa risiko toksoplasmosis, listeria, dan salmonela. Selain daging, hati juga harus dihindari. Kenapa? Karena vitamin A di dalam hati cukup tinggi dan ini justru berbahaya bagi perkembangan janin. Untuk mencukupi vitamin A, Anda bisa menggantinya dengan sayuran yang berwarna hijau. Agar terhindar dari daging yang tidak baik pengolahannya. Ada baiknya Anda mengolah sendiri makanannya yang Anda akan makan.

  • Kerang

Hindari salah satu jenis seafood yang satu ini. Jika kerang yang kurang matang dilarang, begitu juga dengan kerang mentah. Jenis-jenis kerang seperti udang, kepiting, tiram juga mengandung risiko bagi ibu hamil. Di antara resiko tersebut adalah terjadinya keracunan makanan yang membahayakan janin dan ibu hamil.

  • Sayuran

Tak hanya bahan makanan daging saja yang perlu Anda waspadai, sayuran yang dicuci kurang bersih dan dimasak kurang matang juga bisa menjadi sumber infeksi parasit toksoplasmosis. Agar terhindar dari infeksi toksoplasmosis, sebaiknya pastikan bahwa sayuran yang akan Anda konsumsi dicuci bersih baru kemudian dimasak hingga benar-benar matang.

Itulah Makanan Mentah Yang Wajib Dihindari Wanita Saat Hamil. Makan makanan mentah saat hamil sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kandungan. Masih banyak makanan lezat yang bisa Anda santap selama masa menyenangkan Anda mengandung buah hati. Jangan lupa untuk mencuci, dan memasak makanan agar Anda terhindar dari bahaya yang tentu Anda tidak inginkan.

Baca Juga : Obat Gula Darah Tinggi

| Makanan Mentah Yang Wajib Dihindari Wanita Saat Hamil |