Manfaat Mandi Air Larutan Garam Epsom Saat Hamil

Garam epsom bisa dikatakan sebagai teman para ibu hamil. Selama berabad-abad, garam epsom telah digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kehamilan, misalnya saja untuk meringankan nyeri. Inilah Manfaat Mandi Air Larutan Garam Epsom Saat Hamil.

Manfaat Mandi Air Larutan Garam Epsom Saat Hamil

Manfaat Mandi Air Larutan Garam Epsom Saat Hamil | Merasa pegal-pegal, sakit punggung, dan mudah lelah rasanya sudah menjadi teman setia bagi para ibu hamil. Sebagian wanita hamil mungkin akan mengambil langkah cepat dengan mandi air hangat untuk membantu meredakan gejalanya. Katanya, kalau Anda menambahkan garam Epsom ke dalam air hangat, rasa nyeri dan pegal saat hamil bisa semakin cepat reda.

Garam epsom sendiri adalah mineral magnesium sulfat, berbeda dengan garam yang kita gunakan untuk memasak atau dibubuhi pada makanan. Dinamakan garam karena bentuknya kristal putih menyerupai garam dapur.

Hingga kini memang belum banyak penelitian yang membuktikan manfaat berendam di dalam larutan garam epsom sehingga kegunaannya masih membutuhkan penelitian lebih mendalam. Meski demikian, sebagian dokter berpendapat bahwa berendam dengan larutan garam epsom dianggap aman untuk ibu hamil, terlepas dari seberapa besar manfaatnya yang belum terukur secara ilmiah. (Obat Tekanan Darah Tinggi)

Berikut beberapa manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan jika berendam/mandi dengan air larutan garam epsom :

  • Meredakan nyeri otot dan pegal

Mandi garam Epsom dapat membantu meringankan nyeri otot, nyeri punggung, dan pegal-pegal yang umum terjadi saat hamil. Selain itu, jenis garam ini juga sering direkomendasikan untuk mengobati kram kaki, masalah umum yang membuat ibu hamil jadi sulit bergerak atau berjalan.

  • Menenangkan kulit yang tegang

Banyak wanita hamil yang merasa puas setelah mandi air garam Epsom. Pasalnya, garam ini dapat membantu menenangkan kulit yang tegang. Adanya luka dan bekas sengatan matahari pada kulit Anda juga bisa teratasi dengan kandungan garam Epsom yang menakjubkan.

  • Meredakan stres

Ibu hamil tidak boleh stres dengan alasan apa pun karena dapat memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan. Supaya tidak cepat stres, cobalah untuk berendam dalam larutan garam Epsom. Kandungan magnesiumnya diyakini sebagai obat stres alami yang bisa membantu menenangkan pikiran yang penat saat hamil. (Obat Menopause Dini)

  • Mengurangi pembengkakan (edema)

Marybetts Sinclair, seorang penulis Modern Hydrotherapy for Therapist Massage, mengungkapkan bahwa mandi garam Epsom sangat bermanfaat untuk mengatasi edema. Menurut American Pregnancy Association, edema itu sendiri adalah pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, tangan, dan pergelangan tangan akibat peningkatan cairan tubuh saat hamil.

  • Membantu masalah pencernaan

Mandi air garam epsom juga diyakini dapat mengurangi kembung yang membuat ibu hamil tidak nyaman dan membantu penyerapan cairan di dalam tubuh. Kandungan magnesium sulfat dipercaya dapat membantu kerja pencernaan.

  • Meredakan kelelahan

Orang-orang juga menggunakan air garam epsom untuk merendam kaki yang bengkak, membantu memberikan kenyamanan untuk mengatasi kelelahan, serta membantu mengatasi insomnia.

Baca Juga : Jus Tomat Bisa Bantu Ringankan Gejala Menopause

| Manfaat Mandi Air Larutan Garam Epsom Saat Hamil |