Manfaat Yang Didapat Ibu Hamil Jika Banyak Jalan Kaki

Saat hamil bukan berarti anda hanya bermalas-malas di rumah tanpa melakukan kegiatan apapun, termasuk olahraga. Namun, tak semua olahraga boleh dilakukan oleh ibu hamil. Tapi, ibu hamil sangat disarankan untuk jalan kaki. Dan inilah Manfaat Yang Didapat Ibu Hamil Jika Banyak Jalan Kaki.

Manfaat Yang Didapat Ibu Hamil Jika Banyak Jalan Kaki

Manfaat Yang Didapat Ibu Hamil Jika Banyak Jalan Kaki | Selama masa kehamilan, beragam perubahan terjadi pada tubuh, terutama bila usia kandungan sudah memasuki trimester ketiga. Dengan perut yang kian membesar dan bobot tubuh yang semakin berat, gerak ibu kini tentu jadi lebih terbatas. Namun bukan berarti anda hanya bisa malas-malasan dan berdiam diri.

Ketimbang bermalas-malasan, ibu hamil justru disarankan untuk melakukan beberapa aktivitas fisik ringan, misalnya berjalan kaki secara rutin setiap pagi. Disamping membuat tubuh tetap bugar, aktivitas ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil dalam kandungan. Nah, berikut beberapa manfaat jalan kaki untuk ibu hamil :

  • Mengurangi risiko terjadi keguguran

Berjalan kakilah di pagi hari, atau di lingkungan yang terhindar dari polusi udara. Oksigen yang Anda hirup akan dialirkan menuju plasenta bayi, sehingga mendukung pertumbuhan janin dan juga berguna untuk memperkuat rahim.

Menyoal kapan waktu yang tepat untuk berjalan kaki, dijelaskan oleh dr. Anita amalia Sari kepada KlikDokter, “Jalan kaki di kehamilan trimester akhir sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, tak harus di pagi hari. Yang terpenting Anda merasa senang dan nyaman saat melakukannya.”

Dilansir dari situs Pregnancy, berjalan kaki juga meningkatkan sirkulasi aliran darah secara keseluruhan dan menguatkan otot-otot yang digunakan selama kehamilan.

  • Menjaga kadar gula tetap stabil

Memasuki usia kehamilan 6 bulan, nafsu makan ibu hamil umumnya akan bertambah. Saat mengonsumsi banyak makanan yang mengandung gula dan tak diimbangi dengan aktivitas, kadar gula bisa melonjak naik. Hal ini akan sangat berbahaya saat persalinan tiba. Oleh sebab itulah jalan kaki sangat disarankan untuk dilakukan untuk menurunkan risiko ini. (Obat Agar Cepat Hamil)

  • Meningkatkan stamina

Berjalan kaki secara rutin setiap hari akan membantu melatih otot tubuh menjadi lebih rileks dan elastis, sehingga Anda tidak mudah lelah dan tetap aktif dalam segala suasana.

  • Melancarkan proses persalinan

Saat jalan kaki, seluruh otot panggul dan rahim akan menjadi lebih rileks, Seperti telah dijelaskan di atas, kondisi ini akan sangat membantu membuka jalan lahir, sehingga memungkinkan Anda melahirkan secara normal dan pemulihan pasca persalinan pun menjadi lebih cepat.

Baca Juga : Makanan Untuk Tingkatkan Kesehatan Vagina

| Manfaat Yang Didapat Ibu Hamil Jika Banyak Jalan Kaki |