Menstruasi Sebelum 12 Tahun Berisiko Kena Jantung Dan Stroke

Anak perempuan yang mendapat menstruasi pertama kalinya sebelum usia 12 tahun jangan mengumbar gaya hidupnya saat dewasa. Karena tahukah anda bahwa anak yang Menstruasi Sebelum 12 Tahun Berisiko Kena Jantung Dan Stroke.

Menstruasi Sebelum 12 Tahun Berisiko Kena Jantung Dan Stroke

Menstruasi Sebelum 12 Tahun Berisiko Kena Jantung Dan Stroke | Menstruasi merupakan perubahan alami yang terjadi pada setiap tubuh perempuan di dunia. Namun hati-hati bagi perempuan yang mendapatkan menstruasi pertama sebelum usia mencapai 12 tahun. Sebab, bahaya penyakit jantung dan stroke bisa mengitai.

Dilansir dari laman The Health Site, Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan, anak perempuan yang mengalami mentsruasi di bawah usia 12 tahun lebih cepat meningkatkan risiko menopause dini, komplikasi kehamilan dan histerektomi. Bahkan, dalam jangka panjang bisa memicu penyakit kardiovaskular.

Studi tersebut menunjukan, kelompok perempuan cenderung meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sekitar 10%. Bila dibandingkan dengan anak yang menstruasi mereka di usia 13 tahun, kecil risikonya terkena penyakit kronis itu.

Adapun, peneliti mengobservasi populasi yang besar terhadap lebih dari 500 pria dan wanita hingga usia 69 tahun. Studi dilakukan antara tahun 2006 dan 2010. Di mana, para partisipan mengisi kuesioner tentang gaya hidup, lingkungan dan riwayat medis mereka, yang mencakup berbagai faktor reproduksi. Mereka juga melakukan tes untuk menilai kesehatan fisik dan fungsional. Dengan sampel urine, darah dan air liur.

Secara keseluruhan, mereka dianalisis apakah memiliki riwayat penyakit kardiovaskular hingga Maret 2016. Usia rata-rata wanita pada awal penelitian yakni 56 tahun dan mengalami menstruasi pertama di usia 13 tahun. ( Obat Herbal Turun Rahim )

Hasilnya menunjukkan, satu dari empat wanita tersebut mengalami keguguran dan 3 persen melahirkan anak dengan nyawa tidak tertolong. Hampir dua pertiga dari mereka mengalami masa menopause, pada usia rata-rata 50 tahun. Selama periode pemantauan sekira 7 tahun, ada 9054 kasus penyakit kardiovaskular dicatat. Lalu 34 persen di antaranya dialami oleh wanita dengan 5.782 kasus penyakit arteri koroner dan 3.489 kasus stroke.

Meski begitu, ada juga pertimbangan faktor-faktor lain dengan potensi pengaruh yang berbeda-beda. Namun, studi dalam Journal of Heart menyebutkan, jika anak perempuan mengalami menstruasi sebelum usia 12 tahun sebaiknya menjauhi risiko terkena stroke dan jantung seperti menerapkan gaya hidup sehat, seperti jaga pola makan, olahraga teratur, dan makan sayur dan buah.

Baca Juga : Hamil Di Usia 40-an Berisiko Tinggi Kena Serangan Jantung

Menstruasi Sebelum 12 Tahun Berisiko Kena Jantung Dan Stroke