Pekerjaan Rumah Tangga Yang Bahaya Dikerjakan Ibu Hamil

Ketika hamil anda sudah tidak bisa lagi bebas beraktivitas sebagai ibu rumah tangga. Beberapa pekerjaan rumah tangga mau tidak mau harus anda lepas demi menjaga kehamilan agar tetap sehat. Inilah Pekerjaan Rumah Tangga Yang Bahaya Dikerjakan Ibu Hamil.

Pekerjaan Rumah Tangga Yang Bahaya Dikerjakan Ibu Hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Yang Bahaya Dikerjakan Ibu Hamil | Melakukan pekerjaan rumah pada waktu hamil sebenarnya bukan merupakan larangan yang bersifat permanen. Pada waktu hamil tidak dilarang untuk mengerjakan pekerjaan rumah dengan catatan jangan sampai ibu hamil mengalami kelelahan karena bisa membahayakan kesehatan janin.

Pekerjaan rumah yang tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil yaitu mengangkat beban yang berat. Wanita biasanya mempunyai kebiasaan merapihkan dan memindahkan perabotan. Pada waktu hamil kegiatan tersebut masih bisa dilakukan asalkan perabotan yang dipindahkan bukan jenis perabotan yang berat. Mengangkat beban berat pada waktu hamil bisa menyebabkan cedera punggung dan kontraksi sebelum waktunya yang bisa berakibat keguguran atau bayi terlahir prematur.

Mengangkat beban berat pada waktu hamil akan memberikan tekanan pada perut sehingga bisa menyebabkan kontraksi. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya tidak melakukan aktivitas tersebut selama kehamilan karena sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan janin. Berikut pekerjaan rumah tangga lainnya yang harus dihindari ibu hamil :

  • Mengangkat benda terlalu berat

Mengangkat segala jenis barang berat seperti misalnya ember yang berisi penuh air, merupakan salah satu aktivitas rumah tangga yang harus dihindari wanita hamil, khususnya jika wanita tersebut memiliki kondisi medis seperti plasenta previa.

  • Mengganti wadah tempat sampah

Meskipun mungkin terdengar aneh, tapi faktanya wanita hamil memang sebaiknya menghindari aktivitas ini. Terlalu sering berada di dekat tempat sampah, apalagi mengganti wadahnya, akan membuat Anda pada berisiko tinggi terkena toksoplasmosis.

Toksoplasmosis merupakan infeksi parasit yang ditularkan melalui feses kucing. Selain berbahaya bagi kesehatan Anda, kondisi ini juga berbahaya bagi janin.

  • Terlalu sering terpapar bahan kimia kuat

Wanita hamil harus berhati-hati dan menjaga agar tidak menggunakan bahan kimia. Paparan bahan kimia yang kuat sangat berbahaya bagi Anda dan janin. Bahan kimia kuat dikandung oleh berbagai macam pembersih seperti pembersih kamar mandi, pembersih dapur dan cat.

  • Menyemprot serangga dengan pestisida

Sebaiknya serahkan tugas untuk menyemprot serangga pada suami atau mungkin orang lain yang ada di rumah bersama Anda. Wanita hamil sebaiknya menghindari penggunaan cairan pembasmi serangga pestisida. Selain itu, hindari masuk ke dalam ruangan yang baru saja disemprot oleh cairan sejenis.

Baca Juga : Obat Mata Blefaritis

  • Membersihkan kipas langit-langit

Saat hamil, maka wanita sebaiknya menghindari aktivitas yang terlalu ‘tinggi’ seperti membersihkan kipas langit-langit atau menggantung tirai.

Aktivitas ini tentu membuat Anda harus memanjat dan membuat Anda berisiko jatuh. Wanita hamil diketahui mengalami perubahan pusat gravitasi pada perut, sehingga tanpa disadari kemungkinan untuk jatuh akan lebih besar.

  • Mengepel dengan tongkat

Mengepel dengan tongkat adalah salah satu tugas rumah tangga yang sebaiknya dihindari oleh wanita hamil. Mengepel dapat menimbulkan linu panggul dan peradangan saraf siatik. Selain mengepel, aktivitas apapun yang mengharuskan Anda membungkuk ke depan dapat membuat kehamilan Anda menjadi berisiko.

  • Berdiri di dapur

Jauhi aktivitas rumah tangga yang menuntut Anda untuk berdiri selama berjam-jam, salah satunya di dapur. Sebab umumnya Anda akan berdiri cukup lama ketika Anda sedang memasak. Hindari berdiri dalam waktu yang lama karena akan menambah tekanan ekstra pada kaki dan punggung.

Baca Juga : Kebiasaan Ibu Hamil Yang Pengaruhi Otak Janin

Pekerjaan Rumah Tangga Yang Bahaya Dikerjakan Ibu Hamil