Pemeriksaan Yang Wajib Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir

Setelah dilahirkan, bayi anda akan melalui proses pemeriksaan oleh dokter atau bidan. Lalu apa saja pemeriksaan yang dilakukan? Simak dibawah ini untuk mengetahui apa saja Pemeriksaan Yang Wajib Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir.

Pemeriksaan Yang Wajib Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir

Pemeriksaan Yang Wajib Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir | Melahirkan adalah suatu proses yang unik dan sangat berkesan bagi seorang ibu. Setiap ibu tentu menginginkan agar bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat dan sempurna. Di dalam persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan, dokter atau bidan akan melakukan pemeriksaan pada bayi yang baru saja lahir untuk mengetahui apakah terdapat masalah kesehatan pada bayi tersebut. Nah, apa saja pemeriksaan yang dilakukan dalam 24 jam setelah melahirkan? Berikut diantaranya :

  • Jantung dan paru-paru

Jantung dan paru-paru merupakan dua organ yang menjadi sumber kehidupan seorang bayi. Bayi baru lahir wajib melakukan pemeriksaan ini untuk memastikan detak jantung dan kinerja paru-parunya normal. Bayi yang terlahir prematur umumnya memerlukan waktu yang lebih lama untuk menjalani pemeriksaan ini.

  • Bentuk kepala

Proses kelahiran seringkali membuat bentuk kepala bayi menjadi tidak normal. Dengan pemeriksaan bentuk kepala dan ubun-ubun, dokter akan segera melakukan tindakan saat ada hal yang tidak wajar terjadi.

  • Mulut dan langit-langit

Mulut dan langit-langit bayi sebaiknya sudah dalam keadaan terpisah atau tidak menempel. Keadaan mulut dan langit-langit bayi juga sangat memengaruhi tumbuh kembang bayi. Mulut dan langit-langit yang normal akan membantu bayi saat mengonsumsi ASI.

  • Tangan dan kaki

Pemeriksaan tangan dan kaki dilakukan untuk memastikan jumlah jari-jarinya sesuai. Hal tersebut penting untuk memastikan bayi terlahir dengan bentuk tangan dan kaki yang sempurna.

Baca Juga : Obat Infeksi Ginjal

  • Pinggul

Pinggul bayi juga diperiksa untuk memastikan letaknya berada di dalam rongga persendian yang seharusnya. Bentuk dan letak pinggul yang normal akan membuat bayi bebas bergerak.

  • Tulang belakang

Tulang belakang juga wajib diperiksa untuk memastikan bahwa tulang tersebut lurus dan berada di tempat yang seharusnya. Tulang belakang sangat berpengaruh terhadap postur tubuh bayi.

Nah, itulah Pemeriksaan Yang Wajib Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir.  Apabila semua kondisi fisik bayi dalam keadaan normal, maka Anda dapat bernapas dengan lega. Sementara apabila ada sesuatu yang tidak normal, dengan adanya pemeriksaan, maka bayi akan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga : Manfaat Yoga Prenatal Untuk Ibu Hamil

| Pemeriksaan Yang Wajib Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir |