Penyebab Pendarahan Pada Organ Intim Wanita Selain Menstruasi

Sebagai perempuan, perdarahan bukan hal yang aneh karena setiap bulan selalu menstruasi. Tapi tahukah Anda apa Penyebab Pendarahan Pada Organ Intim Wanita Selain Menstruasi??

Penyebab Pendarahan Pada Organ Intim Wanita Selain Menstruasi

Penyebab Pendarahan Pada Organ Intim Wanita Selain Menstruasi | Ketika mengalami menstruasi, miss V wanita tentunya mengeluarkan darah yang disebut haid. Namun pendarahan vagina juga bisa terjadi bahkan ketika seseorang tak sedang menstruasi. Seringkali pendarahan vagina yang bukan menstruasi dikaitkan dengan kanker. Padahal tak semua pendarahan vagina disebabkan kanker. Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Brigham, Natasha Johnson, MD mengungkapkan ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan perdarahan di ‘Miss V’. Berikut diantaranya :

  • Hamil

Menurut The American Pregnancy Association, 20 persen wanita hamil mengeluarkan flek darah pada 12 minggu pertama kehamilan.

Hal itu merupakan proses perlekatan sel telur yang dibuahi ke dinding rahim. Namun, darah yang dimaksud hanya berupa bercak atau flek, tidak sebanyak saat menstruasi.

  • Minum obat pengencer darah

Perdarahan juga bisa terjadi ketika menggunakan obat pengencer darah yang berlebihan.

Natasha mengatakan, konsumsi suplemen tertentu yang bersifat mengencerkan darah dan kontrasepsi hormonal seperti pemasangan cincin vagina juga bisa menyebabkan keluarnya darah.

  • Penyakit menular seksual

Waspadai penyakit menular seksual jika vagina mengeluarkan darah, terutama setelah berhubungan seksual. Menurut Natasha, penyakit gonore atau klamidia, trikomoniasi, hingga HPV bisa jadi penyebabnya. HPV misalnya, dapat menyebabkan peradangan pada leher rahim. Peradangan itu bisa memicu pendarahan.

  • Pakai kontrasepsi IUD

Natasha mengatakan, penggunaan kontrasepsi IUD atau dikenal dengan KB spiral memang dapat menimbulkan efek perdarahan tidak teratur.

Keluarnya darah juga bisa terjadi jika pemasangan IUD tidak tepat atau bergeser.

  • Masalah tiroid

Mungkin membingungkan bagaimana masalah tiroid bisa menyebabkan perdarahan di vagina. Namun, dokter menjelaskan, masalah tiroid turut memengaruhi sistem kelenjar pituitari yang melepaskan beberapa hormon di tubuh.

Dalam beberapa kasus, perubahan hormonal tertentu bisa menyebabkan perdarahan.

  • Hubungan seks yang kasar

Berhubungan seks terkadang bisa menyebabkan wanita mengalami perdarahan. Hal ini bisa terjadi, karena hubungan seks yang terlalu kasar atau vagina terlalu kering.

  • Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan masalah pada ovarium wanita yang menyebabkan peningkatan hormon laki-laki, yaitu testoteron.

Natasha menjelaskan, peningkatan testoteron akan menghambat kerja hormon estrogen pada wanita. Akibatnya, siklus mentruasi bisa menjadi lebih lama dan tidak teratur.

  • Kanker rahim

Masalah terburuk keluarnya darah dari vagina adalah kanker rahim. Jika terjadi perdarahan di luar periode menstruasi Anda dan tidak diketahui sebabnya, sebaiknya segera periksa ke dokter.

  • Keguguran

Selain terjadi komplikasi, jika Anda mengalami pendarahan saat hamil, kemungkinan besar Anda mengalami keguguran.

  • Diabetes

Pada beberapa kasus, diabetes juga bisa menyebabkan pendarahan pada vagina. Jika Anda memiliki diabetes atau tingkat gula darah tinggi, kemungkinan ini bisa terjadi.

  • Stres

Pendarahan vagina juga bisa dipicu oleh stres. Namun kebanyakan stres merupakan faktor tambahan yang memicu hal lainnya dan menyebabkan pendarahan vagina.

Nah itulah Penyebab Pendarahan Pada Organ Intim Wanita Selain Menstruasi. Pendarahan vagina tak selalu berarti anda memiliki kanker. Meski begitu, pendarahan vagina bukanlah hal sepele yang bisa diabaikan. Segera periksakan diri ke dokter jika anda mengalaminya.

Baca Juga : Gejala Polip Rahim Yang Harus Diwaspadai | Gejala Saat Miom Membesar

Penyebab Pendarahan Pada Organ Intim Wanita Selain Menstruasi